Tuesday 5 April 2016



Pengamatan dini terhadap hama penyakit tanaman padi mutlak dilakukan oleh petani. Selain hama penyakit, faktor lain yang dianggap mencurigakan yang dapat menurunkan hasil produksi petani harus tanggap. Seperti yang dilakukan oleh Sujilin Ketua Kelompoktani Karya Tani Desa Sidomulyo.

Sujilin melaporkan kejadian mencurigakan yang terjadi di lahannya kepada penyuluh pendamping desanya, Rudianto. Laporan tersebut langsung ditanggapi dengan menerjunkan tim yang terdiri dari PPL, Mantri Tani dan Petugas POPT-PHP Kecamatan Mantewe.

Dari pengamatan awal terlihat beberapa titik tanaman padi lahan kering nampak menguning. Padahal tanaman yang lain tumbuh subur. Setelah ditelisik oleh tim, diduga hal tersebut diakibatkan miskinnya unsur hara yang terkandung di lahan tersebut. Penggunaan pestisida secara berlebihan dan jangka waktu lama diduga ikut memperparah kondisi yang ada. Tanah terlihat keras dan tidak mampu menyerap air.

"Penggunaan pupuk organik bisa dijadikan alternatif mengembalikan struktur tanah menjadi lebih baik," terang Sujari Mantri Tani Kec. Mantewe. Tidak mengherankan apabila tanaman yang tumbuh di tanah tersebut kelihatan menguning. Pasalnya unsur hara yang diperlukan sudah tidak ada. Namun tidak perlu khawatir, tanaman masih bisa diselamatkan dan berproduksi secara normal.